Rabu 22 Feb 2017 13:14 WIB

Pemerintah akan Berikan Perhatian Khusus pada Anak Penderita Kanker

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak penderita kanker
Foto: Dok. Soho
Anak-anak penderita kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan memberikan perhatian khusus pada anak penderita kanker di Indonesia. "Kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus orang tua dan keluarga agar gejala kanker pada anak dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin," kata Staf Ahli Menteri Kesehatan bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi, dr. Slamet membacakan sambutan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada acara peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, Rabu (22/2).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, ia menjelaskan, selama ini pemerintah telah memberi perhatian khusus penderita kanker leher rahim dan payudara. Sementara untuk jenis kanker yang banyak dijumpai pada anak, yakni leukemia atau kanker darah, retinoblastoma atau kanker bola mata, dan osteosarkoma atau kanker tulang. 

Tema Hari Kanker Anak 2017, yakni, Akses Pelayanan yang Lebih Baik untuk Anak dan Remaja dengan Kanker di mana saja. Slamet menyampaikan, Menkes berharap seluruh lapisan masyarakat Indonesia berperan aktif dalam penanggulang kanker.

"Kita perlu menginformasikan secara intensif dan terus menerus agar masyarakat mendapatkan informasi tentang kanker dari petugas kesehatan, bukan kepada pihak lain yang tidak berkompeten," tutur Slamet.