Kamis 23 Feb 2017 12:41 WIB

Bus Sudah Bisa Lintasi Jembatan Cisomang

Red: Ani Nursalikah
Foto udara kawasan Cisomang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/12)  Kendaraan golongan dua yang terdiri truk dan bus harus melintasi jalan arteri di dekat Jembatan Cisomang jalan Tol Pubaleunyi KM 100 yang mengalami pergeseran di Kabupaten Purwakarta.
Foto: Wahyu Putro/Antara
Foto udara kawasan Cisomang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/12) Kendaraan golongan dua yang terdiri truk dan bus harus melintasi jalan arteri di dekat Jembatan Cisomang jalan Tol Pubaleunyi KM 100 yang mengalami pergeseran di Kabupaten Purwakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyatakan mulai Kamis (23/2), kendaraan besar jenis bus sudah bisa melintasi Jembatan Cisomang pada KM 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi.

"Per Kamis ini Jembatan Cisomang sudah bisa dilalui oleh bus. Alhamdulillah kabar baiknya itu," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, ketika dihubungi melalui telepon.

Dedi menjelaskan keputusan bus bisa melintasi Jembatan Cisomang merupakan hasil rapat pihaknya bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga, Korlantas serta Jasa Raharja. Menurut dia, dengan bisa dilaluinya Jembatan Cisomang untuk bus umum maka perjalanan penumpang dari arah Jakarta-Bandung dan sebaliknya bisa lebih cepat dibanding saat ditutup bus dimana harus memutar.

"Jadi kemarin saat ditutup, perjalanan Jakarta-Bandung bisa tujuh sampai 12 jam, sekarang bisa lebih cepat," kata Dedi.

Walaupun bus umum sudah diperbolehkan, namun untuk truk bersumbu besar belum diperbolehkan melalui Jembatan Cisomang karena proses pengerjaan perbaikan jembatan masih terus dilakukan. "Untuk truk sumbu besar masih tidak diperbolehkan, tetap memakai jalur pengalihan," ujarnya.

Dirinya berharap dengan dibukanya akses untuk bus umum, maka kerugian yang dialami para pengusaha otobus tidak terjadi seperti pada saat ditutup. Selain itu, ia juga meminta agar para pengendara bus tetap berhati-hati saat melalui jembatan tersebut.

"Untuk satu rit bus dari Bandung ke Jakarta itu kerugiannya bisa mencapai Rp 248 ribu dan saat ini dibuka menjawab itu. Berdasarkan pantauan saya, sejumlah bus saat ini sudah melintas," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement