Jumat 24 Feb 2017 09:51 WIB

Partisipasi Pemilih Pilkada Kabupaten Bekasi tidak Mencapai Target

Rep: Kabul Astuti/ Red: Angga Indrawan
Ilustrasi Pilkada
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ilustrasi Pilkada

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi tidak mencapai target 77,5 persen yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Pimpinan Panwaslu Kabupaten Bekasi, Iwan Setiyono, mengatakan partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi bahkan yang terendah di antara tiga kabupaten/kota lain penyelenggara pilkada di Jawa Barat.

Tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada serentak 2017 di Provinsi Jawa Barat paling tinggi dipegang oleh Kota Tasikmalaya 81,02 persen, disusul Kota Cimahi 71 persen, dan terakhir Kabupaten Bekasi 61 persen.

"Partisipasi di Kabupaten Bekasi kurang lebih 61 persen, dibandingkan dengan tiga daerah lain di kabupaten/kota di Jawa Barat, memang Bekasi yang terendah," kata Iwan Setiyono, Kamis (22/2) malam.

Iwan mengatakan rendahnya tingkat partisipasi pemilih bisa disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya, kinerja KPU, minimnya peran aktif masyarakat, serta kondisi sosiokultural masyarakat tersebut. Menurut dia, perlu penelitian mendalam untuk mengkategorikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat partisipasi.