Senin 06 Mar 2017 16:21 WIB

Jokowi Curhat Pengalaman Jadi Pengusaha di KTT IORA

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat membuka Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3).
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat membuka Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bercerita mengenai pengalamannya sebelum terjun ke dunia politik dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (IORA) 2017. Ia menuturkan dirinya 12 tahun lalu adalah seorang pengusaha yang memulai bisnis dari kecil.

"Saya pernah menjadi seorang pengusaha selama kurang lebih 20 tahun sebelum terjun ke dunia politik. Dalam profesi itu, saya memulai dari usaha kecil dan mengembangkannya," ujar Jokowi dalam pidato sambutan di Pertemuan Puncak Bisnis IORA 2017 di Jakarta Covention Center (JCC), Senin (6/3).

Ia mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang pengusaha. Pertama adalah  bagaimana keinginan para pelanggan, tepat waktu memenuhi kebutuhan, harga kompetitif, serta mutu dan kualitas dari komoditas atau produk bisnis yang dimiliki.

Jokowi mengakui saat dahulu menjadi seorang pengusaha harus berusaha untuk mengembangkan bisnis dengan mengambil bagian dari globalisasi. Ia mengatakan berani memakai jasa dari pekerja asing.

"Meski usaha saya kecil, saat itu saya berani memakai tenaga kerja asing selama beberapa tahun dan mendapat bantuan informasi dari keduataan besar dan kantor konsulat," ujar Jokowi.

Dari informasi yang diberikan keduataan besar negara asing, ia mengetahui cara untuk melakukan proses ekspor. Jokowi juga mendapat akses impor barang seperti mesin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement