Selasa 14 Mar 2017 22:13 WIB

Anadolu Agency Ekspansi Jaringan Berita ke Asia Pasifik

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Citra Listya Rini
Kantor berita Anadolu Agency
Foto: Anadolu Agency
Kantor berita Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor berita dari Turki, Anadolu Agency sedang melakukan ekspansi jaringan beritanya ke kawasan Asia Pasifik. Indonesia menjadi salah satu tujuan ekspansi kantor berita yang berkantor pusat di Ankara, Turki ini.

"Kami membuka agen berita di sini karena Indonesia memiliki pangsa pasar yang besar dan menjanjikan. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara yang penduduknya mayoritas Muslim," kata Direktur Anadolu Agency Asia Pasifik Yilmaz Yaman saat berkunjung ke kantor Harian Republika di Jakarta,  Selasa (14/3).

Menurut Yilmaz, Indonesia merupakan negara yang penting bagi Turki. Bahkan, ia menyebutkan sejumlah kerja sama antara Turki dan Indonesia kerap terjalin termasuk di bidang ekonomi. Mengingat pentingnya Indonesia bagi Turki, kata Yilmaz, Anadolu Agency membuka kantor di Jakarta, Indonesia.

Selain di Indonesia, Anadolu Agency juga membuka kantor berita di Malaysia dan Cina. Kata Yilmaz, negeri Tirai Bambu merupakan pusat ekonomi saat ini dan memiliki pasar yang berkembang pesat. "Sebenarnya kami juga ingin membuka agen berita di Tokyo, namun kami punya prioritas," ujar Yilmaz.