Kamis 16 Mar 2017 13:16 WIB

Pesan Terakhir Almarhum KH Hasyim Muzadi untuk Khofifah

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa duka mendalam dan kehilangan atas berpulangnya mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), sekaligus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Kiai Hasyim Muzadi pada Kamis pagi (16/3) sekira pukul 06.15 WIB. "Indonesia sangat berduka kehilangan beliau. Mari kita doakan beliau husnul khatimah dan seluruh pikiran-pikiran beliau untuk membumikan Islam sebagai penyemai kasih dan penyemai damai bisa dilanjutkan oleh kita semua," kata Khofifah, saat tiba di di kompleks Ponpes Al-Hikam, Beji, Depok, Jawa Barat. 

Khofifah yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) ini mengungkapkan, sepanjang hidupnya Kiai Hasyim selalu menekankan agar membawa Islam sebagai penyemai damai dan penyemai kasih. Hasyim juga senantiasa menyampaikan tentang menyelaraskan hubungan antara agama dan negara. "Itu dua hal yang beliau selalu sampaikan," ujarnya. 

Sebagai sosok yang dekat dan sangat menghormati almarhum, Khofifah mengenang Kiai Hasyim sebagai sosok yang tidak hanya sekadar Sang Pencerah, namun juga tak kenal lelah dan tak pernah habis energinya untuk menyampaikan pesan-pesan perdamaian, anti radikalisme, anti kekerasan dan mengajak umat berpegang pada Islam sebagai rahmatan lil alamin. 

Pada satu bulan terakhir, lanjut dia, pesan-pesan almarhum untuknya dinilai sangat berat, yaitu mengingatkan asalnnya Khofifah yang dari NU. NU mengajarkan persaudaraan dalam konsep ukhuwah Islamiah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathoniah (persaudaraan kebangsaan), ulhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia) dan ukuwah nahdiyah (persaudaraan sesama warga NU). 

"Jika saling bersaudara akan terwujud harmoni dan jika ada harmoni akan teguh NKRI," jelasnya.

Khofifah mengatakan, dia terus memantau kondisi kesehatan Kiai Hasyim melalui tim dokter yang merawat. Menurutnya, sampai Kamis dini hari tadi, dia mendapat informasi kondisi tensi denyut nadi bagus. Lalu sekira pukul 03.30 WIB kondisi tensinya menurun dan terus menurun. Hingga akhirnya, sekitar pukul 06.15 WIB Kiai Hasyim Muzadi menghembuskan nafas terakhirnya. 

(Baca Juga: Shalat Jenazah KH Hasyim Muzadi Antre Hingga Belasan Gelombang)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement