Selasa 21 Mar 2017 18:05 WIB

Demokrat tidak Ingin Buru-Buru Deklarasikan Cagub di Pilkada Jabar

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Roy Suryo
Foto: Republika/Wihdan H
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat tidak ingin terburu-buru mendeklarasikan bakal calon gubernur (Balongub) yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Kendati Partai Nasdem telah mendeklarasikan akan mengusung Ridwan Kamil di Pilkada 2018.

"Sebenarnya 'Belanda masih Jauh' untuk Pilkada Jabar, juga 170-an Pilkada daerah lain di tahun 2018 mendatang, termasuk Jateng dan Jatim, jadi sebenarnya agak terlalu dini kalau 'Deklarasi'," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo melalui pesan singkatnya, Selasa (21/3).

Meski demikian, Roy menilai deklarasi merupakan hak setiap partai, begitu halnya dengan partai Nasdem. Roy memastikan, partai Demokrat akan terukur dan terstruktur sebelum memastikan mendukung atau mengusung nama-nama yang akan diusung. Nama-nama juga kata dia, diperoleh melalui penjaringan mulai 'top-down' juga aspirasi dari Bottom-up mulai dari anak ranting, ranting, DPAC, DPC hingga DPD sebelum sampai ke DPP.

"Jadi tunggu saja tanggal mainnya, tentu nama-nama yang akan masuk radar sudah dipantau mulai sekarang, mulai dari kader internal, hingga tokoh ekternal, semua ada mekanisme-nya," ujarnya.