Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Viu Produksi Konten Platform Digital Orisinil Indonesia

Jumat 24 Mar 2017 06:47 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

Nia Dinata

Nia Dinata

Foto: REPUBLIKA/Yogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA.- Layanan video on demand (VoD) Viu mulai melebarkan sayap ke konten platform digital orisinil buatan dalam negeri. Selama ini penonton Viu hanya bisa menonton drama seri atau film yang sudah diproduksi sebelumnya. Kini, Viu terlibat sebagai partner dalam pembuatan konten video drama seri Indonesia. Acara bertajuk Viu Female Story Festival 2017 akan menjadi konten platform digital asli buatan Indonesia yang hanya bisa disaksikan melalui layanan VoD Viu.

Viu Female Story Festival 2017 merupakan kompetisi menulis cerita perempuan dengan melibatkan penulis amatir sebagai pembuat naskah drama. "Tema perempuan kami pilih karena perempuan memiliki sisi emosional lebih peka dari laki-laki, tak heran bila selalu mengeluh hidupnya penuh drama," ujar Head of Marketing and Ad Sales Viu Indonesia Myra Suraryo dalam acara peluncuran Viu Female Story Festival 2017 bersama Nia Dinata di Jakarta Pusat, Jumat (24/3).

Tema perempuan juga terkait erat dengan demografi penonton Viu di Indonesia yang mayoritas merupakan kaum hawa. Viu merupakan platform penyedia layanan drama seri Asia, di antaranya Korea, Jepang, dan Taiwan. Mayoritas penontonnya merupakan perempuan. Itu sebabnya tema Female Story terkait erat dengan penonton Viu. Bentuk konten digital platform yang berisi drama seri khusus menceritakan kehidupan perempuan menjadi bentuk persembahan loyalitas Viu terhadap penonton.

Viu tidak sendiri dalam menggarap proyek konten platform digital buatan lokal. Nia Dinata sebagai pelaku industri film menjadi parner dalam proses pembuatan drama seri. Viu Female Story Festival 2017 dimulai dengan tahap pengumpulan cerita dalam bentuk tulisan. Peserta harus membuat naskah berdasarkan sudut pandang perempuan. Para pria juga bisa mengikuti kompetisi ini tetapi harus menceritakan drama perempuan. "Perempuan jadi perspektif dan jagoan di dalam ceritanya," kata Sutradara Nia Dinata.

Pengumpulan naskah dilakukan mulai dari 15 Maret hingga 20 April 2017 mendatang. Peserta bisa mengirimkan naskah cerita melalui laman dramabanget.com dengan syarat yang bisa dilihat di dalam laman tersebut. Kemudian tim juri akan memilih lima naskah terbaik untuk dibuat dalam bentuk drama seri. Rencananya drama seri buatan Viu bersama Telkomsel tersebut akan dibuat dalam versi satu musim dan berisi 13 episode. Nantinya drama seri tersebut hanya bisa disaksikan melalui platform Viu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile