Sabtu 25 Mar 2017 23:14 WIB

Antropolog: Teknologi Efektif untuk Politik Kebudayaan

Salah satu penyanyi K-pop, Psy, yang populer lewat single 'Gangnam Style'.
Foto: mustangmessage.org
Salah satu penyanyi K-pop, Psy, yang populer lewat single 'Gangnam Style'.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Guru Besar Antropologi Universitas Diponegoro Semarang Agus Maladi Irianto menilai teknologi informasi sangat efektif sebagai sarana politik budaya, sebagaimana dilakukan Korea Selatan.

"Dibandingkan Korea Selatan, kita sangat kalah, apalagi dengan adanya politik kebudayaan yang mereka lakukan," katanya usai dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip di Semarang, Sabtu (25/3).

Ia mengatakan bahwa Korea Selatan terbilang sukses mempromosikan produk-produk budaya pop mereka ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang menggunakan teknologi media, seperti media sosial dan televisi.

Seperti Gangnam Style, salah satu produk budaya K-Pop yang dikonstruksi sedemikian rupa sehingga mampu mengalahkan hegemoni budaya Barat, termasuk produk-produk industri mereka yang menyaingi produk-produk Jepang.

"Bagaimana kemudian dengan film-film Korea yang mampu menarik perhatian masyarakat, termasuk Indonesia. Taiwan, sekarang sudah mulai mengikuti dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi," katanya.

Mantan Ketua Dewan Kesenian Semarang (Dekase) itu mengatakan bahwa keberadaan media sosial dan televisi sekarang ini memang sangat memengaruhi banyak orang dan sudah mengubah perabadan sebagaimana kajian antropologi dulu.

"Antropologi selama ini lekat dengan hal-hal yang sifatnya eksotis, masyarakat berskala kecil, dan homogen. Namun, sekarang ini semuanya berubah. Perkembangan dunia dan masyarakat cenderung kompleks dan heterogen," katanya.

Agus mencontohkan bagaimana sebuah kegiatan yang hanya diikuti segelintir orang bisa memengaruhi jutaan orang. Sebaliknya, kegiatan yang diikuti ribuan dan jutaan orang justru berpengaruh pada sedikit orang.

"Dalam sekejap, orang sekarang ini bisa saling berhubungan, bermusuhan, atau justru bekerja sama dengan orang yang sebelumnya tidak dikenalnya. Kalau tidak mengikuti, antropologi bisa gagap menghadapi fenomena sosial yang berkembang pesat," katanya.

Kebudayaan, kata dia, bukanlah suatu benda atau keadaan yang "given" (abadi), melainkan selalu berkembang dan berubah secara terus-menerus sehingga antropologi tidak boleh berhenti menggali kajian kebudayaan. "Dari media yang ada sekarang, media cetak yang terdaftar di Indonesia hanya ada sekitar 830 media, sementara media 'online' lebih dari 40.000 media. Itu yang terdaftar, belum termasuk media sosial," katanya.

Oleh karena itu, mantan Dekan FIB Undip itu mengingatkan antropologi harus mampu menjawab tantangan-tantangan yang muncul seiring dengan perubahan perabadan yang luar biasa pesat pada era kontemporer.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement