Selasa 04 Apr 2017 19:30 WIB

Dunia Sepak Bola Berduka untuk Korban Bom Saint Petersburg

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Seorang pria meletakkan bunga mengenang korban ledakan kereta bawah tanah St Petersburg di depan dinding Kremlin di Moskow, Rusia, Selasa (4/4).
Foto: AP Photo/Pavel Golovkin
Seorang pria meletakkan bunga mengenang korban ledakan kereta bawah tanah St Petersburg di depan dinding Kremlin di Moskow, Rusia, Selasa (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Aksi terorisme kembali terjadi, kali ini berlokasi di Ibu Kota Rusia, Moskow. Teror bom yang menewaskan 11 orang itu terjadi di stasiun Kereta Api Moskow pada, Senin (3/4) kemarin. Bom meledak seketika di dalam kereta yang tengah berjalan dari Stasiun Sennaya Ploschad ke Tekhnonologichesky Institute.

Atas kejadian keji tersebut, beberapa penggiat sepak bola profesional dan klub lokal Rusia mengucapkan rasa belasungkawa. Antara lain, Axel Witsel, dan mantan klubnya Zenit St Petersburg, serta Spartak Moskow.

Axel Witsel merupakan pesepak bola asal Belgia yang sempat berkarier di Rusia bersama Zenit St. Petersburg selama lima musim. Namun, kini dirinya sudah menyeberang ke Cina dan bergabung bersama Tianjin Quanjian. "Semua pikiran, rasa berduka, dan doa saya akan diberikan kepada semua orang yang terkena dampak dari tragedi ini. Tetap kuat St. Petersburg," tulis gelandang berusia 28 tahun melalui akun Twitter resminya, Selasa (4/4).

Selain itu, klub Zenit St. Petersburg dan juga rival mereka, Spartak Moskow tak ketinggalan untuk memberikan ucapan kepada para korban. "Zenit Football Club ingin menyampaikan rasa simpati yang paling dalam dan belasungkawa kepada semua orang yang terkena dampak ledakan di Stasiun Kereta Api St. Petersburg," ujarnya dalam akun Twitter resmi klub, @fczenit_en.

Sementara Spartak Moskow menulis "Hari ini merupakan hari yang sangat tragis, satu menit untuk berkabung bagi setiap orang yang tewas di St. Petersburg."

Selain bom yang meledak di antara stasiun Sennaya Ploschad ke Tekhnologichesky Institute, pasukan antiteror Rusia juga menemukan bom kedua di Stasiun Ploschad Vosstaniya. Beruntung, bom tersebut berhasil dijinakkan sebelum meledak dan menewaskan lebih banyak korban.

Kabarnya, bom tersebut lebih besar dari bom yang meledak pertama yang dinilai mengandung zat TNT (Trinitrotoluena) seberat 1 kg. Belum ada kepastian pihak mana yang bertanggung jawab atas aksi teror itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ قِيْلَ لَهُمْ كُفُّوْٓا اَيْدِيَكُمْ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۚ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ اِذَا فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَخْشَوْنَ النَّاسَ كَخَشْيَةِ اللّٰهِ اَوْ اَشَدَّ خَشْيَةً ۚ وَقَالُوْا رَبَّنَا لِمَ كَتَبْتَ عَلَيْنَا الْقِتَالَۚ لَوْلَآ اَخَّرْتَنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۗ قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌۚ وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقٰىۗ وَلَا تُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, ”Tahanlah tanganmu (dari berperang), laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.”

(QS. An-Nisa' ayat 77)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement