Selasa 04 Apr 2017 22:35 WIB

KPU Papua Segera Lakukan PSU di Dua Kabupaten

Rep: Dian Erika N/ Red: Hazliansyah
Pilkada langsung (ilustrasi).
Pilkada langsung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoi mengatakan pihaknya segera akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di 18 distrik Kabupaten Tolikara. Selain itu, PSU juga akan dilaksanakan di enam distrik Kabupaten Puncak Jaya.

Adam menuturkan, PSU di Tolikara berdasarkan putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (3/4). Sementara itu, PSU di Puncak jaya dilakukan berdasarkan putusan pada Selasa (4/4) sore.

"Kami sudah siap melaksanakan PSU di Tolikara. Kami segera berkoordinasi dengan pemda untuk mematangkan persiapan PSU di 18 distrik," ujar Adam di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa.

Persiapan yang dilakukan yakni menyiapkan anggaran dan mematangkan tahapan PSU. Adam menyatakan KPU mengupayakan proses PSU di Tolikara diselesaikan dalam waktu kurang dari 60 hari.

KPU berharap, putusan MK pada Senin dapat memberikan penjelasan kepada warga terkait pelaksanaan PSU. "Kami pikir tidak akan ada masalah di Tolikara. Sebab, semua pihak terkait akan diundang dan akan diberi informasi, utamanya untuk daerah-daerah yang menggunakan noken," lanjut dia.

Adam menuturkan, ada empat TPS di distrik Karubaga yang akan menggunakan sistem noken. Pihaknya akan mensosialisasikan PSU berdasarkan juknis sistem noken dari MK dan KPU.

Terkait pendanaan PSU, Adam memperkirakan akan menelan hampir setengah biaya pemungutan suara pada 15 Februari lalu. Adapun anggaran pemungutan suara di Tolikara pada 15 Februari mencapai Rp 62 miliar.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement