Ahad 09 Apr 2017 13:58 WIB

Marvel Sikapi Temuan Simbol 212 dan QS 5:51 di Komik X-Men

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nur Aini
Simbol QS 5:51 di komik X-men Gold
Foto: http://io9.gizmodo.com
Simbol QS 5:51 di komik X-men Gold

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komik terbaru X-men Gold terbitan Marvel Comics yang baru rilis beberapa hari lalu memicu kontroversi. Hal ini setelah para pembaca menemukan simbol-simbol yang diselipkan seorang ilustrator yang berasal dari Indonesia, Ardian Syaf. Simbol tersebut berupa tulisan 212 dan QS 5:51 di salah satu bagian komik.

Pada Sabtu (8/4), seorang fans komik X-Men Gold dari Indonesia, dengan akun facebook bernama Haykal Al-Qasimi membuat surat terbuka kepada Marvels Comics. Isi pesan tersebut, menjelaskan, arti dari 212 dan QS 5:51. Haykal menyebutkan, 212 dan QS 5:51 menyiratkan adanya pesan terkait kasus dugaan penodaan agama oleh Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alia Ahok yang mengutip Quran Surah (QS) Almaidah 51. Selain itu, simbol tersebut terkait dengan aksi damai yang dilakukan oleh sekelompok umat Islam, beberapa waktu lalu, yang menamai aksi tersebut dengan 212.

Menanggapi hal tersebut, Marvel merespon, akan segera menarik bagian-bagian tersebut dari cetakan komik selanjutnya. Dikutip dari comikbook.com, Marvel menyatakan, "Karya seni yang disebut dalam X-Men Gold #1 dimasukkan tanpa keterangan tentang makna di baliknya seperti yang dilaporkan. Karya itu tidak mencerminkan pandangan penulis, editor, atau orang lain di Marvel dan bertentangan langsung dengan inklusivitas Marvel Comics. Karya seni ini akan dihapus dari cetakan berikutnya, versi digital, dan novel perdagangan, dan tindakan disipliner akan diambil." Hingga kini, belum ada kabar terbaru baik klarifikasi dari Ardian Syaf, atau dari Marvel Comics terkait tindakan disipliner yang akan diberlakukan terhadap Syaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement