Kamis 20 Apr 2017 06:27 WIB

Jasad Raja Bhumibol Dikremasi 26 Oktober

Red: Ani Nursalikah
Bhumibol: Antrean warga Thailand menuju Istana Kerajaan untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Bhumibol: Antrean warga Thailand menuju Istana Kerajaan untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Jasad mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej akan diperabukan pada 26 Oktober mendatang, kata pejabat pemerintah pada Rabu (19/4). Dia menambahkan pemakaman Raja Bhumibol akan berlangsung lima hari.

Tanggal itu ditetapkan dalam kerangka waktu penobatan putra Bhumibol, Raja Maha Vajiralongkorn yang naik takhta pada Desember lalu, namun penobatan secara resmi ditunda hingga pemakaman ayahnya selesai. Pengamat politik mengatakan penobatan Raja Maha Vajiralongkorn, yang diperkirakan dilakukan tidak lama setelah upacara perabuan, memulai kembali politik Thailand setelah masa berkabung setahun penuh.

"Istana memastikan raja setuju dengan rencana pemerintah. Hari perabuan ditetapkan pada 26 Oktober," kata pejabat tinggi pemerintahan, yang tidak ingin diketahui namanya karena kepekaan masalah itu.

"Pemakaman itu akan berlangsung lima hari," kata Wakil Perdana Menteri Wissanu Krea-ngam kepada wartawan, Selasa (18/4).