Kamis 20 Apr 2017 14:37 WIB

Wapres AS Sebut Indonesia Jadi Inspirasi Dunia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Wakil Presiden AS Mike Pence memberikan keterangan pers saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Wakil Presiden AS Mike Pence memberikan keterangan pers saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Amerika Serikat, Michael Richard Pence menyebut Indonesia yang memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, menjadi inspirasi bagi negara-negara lainnya. Menurut Pence, Indonesia dengan tradisi Islam modernnya dan dengan beragam keyakinan yang ada dapat memberikan harapan yang lebih baik bagi masa depan.

“Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tradisi Islam modern Indonesia menjadi inspirasi bagi dunia. Di negara Anda dan juga saya, ada beragam keyakinan, hal itu memberikan kita harapan masa depan yang lebih cerah, dan kami berterimakasih kepada Indonesia yang memberikan inspirasi tersebut kepada dunia,” kata Pence dalam konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).

Lebih lanjut, ia mengatakan di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, Amerika Serikat ingin memperdalam hubungan kultural dengan rakyat Indonesia. Karena itu, dalam kunjungannya ini, Pence juga mengunjungi Masjid Istiqlal.

Selain itu, Pence menyampaikan komitmen Amerika Serikat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan dengan Indonesia. Dengan meningkatkan kerjasama pertahanan dapat menghadapi berbagai ancaman keamanan dan juga tantangan lainnya, termasuk masalah terorisme.