Rabu 10 May 2017 09:12 WIB

Warga Aborigin Korban Uji Coba Nuklir Inggris Dapat Kompensasi

Red: Ani Nursalikah
Lokasi uji coba nuklir Inggris di Maralinga, Australia.
Foto: ABC
Lokasi uji coba nuklir Inggris di Maralinga, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Warga Aborigin yang dulu tinggal di dekat lokasi uji coba nuklir Inggris di Maralinga dan Emu Fields di Australia Selatan dan juga di dekat Montek Bello Island di Australia Barat di 1950-an dan 1960-an, akhirnya akan mendapat peningkatan layanan kesehatan dari pemerintah Australia.

Ketika uji coba dilakukan, banyak warga Aborigin pindah dari kawasan di dekat Maralinga dan Emu Field di Australia Selatan tersebut. Namun beberapa diantaranya tetap bertahan di sana, dan mereka kemudian terkena tingkat radiasi tinggi, dimana penyelidikan resmi yang dilakukan kemudian menghubungkan dengan berbagai kecacatan dan cedera serius yang mereka alami.

Menteri Urusan Veteran Australia, Dan Tehan, Senin (8/5) mengatakan warga Aborigin ini akan mendapat penanganan layanan kesehatan yang lebih baik dari pemerintah. "Bila usulan peraturan yang kita ajukan disetujui, kita akan memberikan Gold Cards kepada warga aborijin yang tinggal di kawasan dekat Maralinga, Emu Fields atau Monte Bello Islands di saat uji coba nuklir oleh Inggris di tahun 1950-an atau 1960-an," kata Tehan.

one dozen considerations, Totem 1, Emu
Emu Field di Australia Selatan adalah lokasi Operation Totem dimana uji coba nuklir dilakukan oleh pemerintah Inggris di 1953.

Supplied: Burrinja Cultural Centre (Artist Rosemary Laing)