Jumat 12 May 2017 20:37 WIB

Presiden Cile Ungkap Potensi Besar Bekerja Sama dengan Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Cile Veronica Michelle Bachelet melakukan pernyataan bersama terkait kerjasama kedua negara di Istana Merdeka, Jumat (12/5).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Cile Veronica Michelle Bachelet melakukan pernyataan bersama terkait kerjasama kedua negara di Istana Merdeka, Jumat (12/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Cile Michelle Bachelet melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia hari ini. Dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Indonesia-Cile bersepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Bachelet menilai, dengan penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia juga memiliki potensi yang sangat besar lainnya.

"Semua hal yang kita bahas sangat penting, seperti pertukaran pengalaman dan ilmu, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Cile solar, Indonesia geothermal. Kerja sama itu punya kepentingan yang sangat besar untuk menunjukkan kita bukan sekadar sahabat," kata Bachelet dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5).

Ia pun kemudian juga memuji kemajuan Indonesia saat ini. Dengan kedekatan antara dua negara di berbagai forum internasional seperti APEC, Bachelet meyakini dapat mendorong peningkatan hubungan bilateral.

"52 tahun hubungan Indonesia Cile, kita sudah memajukan hubungan bilateral di bidang perdagangan, budaya, dan politik. Dan, kita, juga berharap meningkatkan bidang lainnya," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bachelet juga berharap negosiasi CEPA antara kedua negara di bidang perdagangan dapat segera diselesaikan pada tahun ini.

"Kita juga berharap dari situ bisa meningkatkan perdagangan dan kerja sama lainnya di bidang ekonomi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement