Kamis 18 May 2017 01:46 WIB

34 Fakta Meringkas Kondisi Terkini Bangsa Palestina

Red: Agus Yulianto
 Nakbah Palestina
Foto: suarapalestina.id
Nakbah Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Nakbah (tragedi kemanusiaan terbesar) dalam sejarah bangsa Palestina. Tahun 1948, menjadi saksi penindasan bangsa Palestina. Mereka terusir dari tanah mereka sendiri. Dan pada tahun itulah negara Israel resmi didirikan di atas tanah Palestina.

Setiap tahun atau tepatnya setiap tanggal 15 Mei, bangsa Palestina mengenang peristiwa ini. Mereka cukup akrab dengan istilah “Nakbah” yang berarti bencana. Kini, tak terasa peristiwa tersebut sudah memasuki tahun ke-69. Masa yang terbilang belum terlalu lama yang akan dicatat dalam sejarah. Dan rentang waktu ini juga merupakan umur negara Israel yang dideklarasikan di atas tanah bangsa Palestina.

Seperti dilansir laman suarapalestina.id, kemarin, ada 34 situasi sulit yang dirangkum oleh kantor berita Anadoly Turky  yang  menggambarkan derita bangsa Pelastina secara beruntun sejak tahun tersebut.

1. Pada 1948, sejumlah bandit Zionis Israel memaksa dan melakukan pengusiran terhadap 800 ribu rakyat Palestina, dari total 1,4 juta penduduk Palestina. Mereka diusir dari kampung-kampung mereka.