Kamis 18 May 2017 18:35 WIB

Raja dan Ratu Swedia akan Kunjungi Bandung dengan Kereta

Rep: Fira Nursya'bani / Red: Ilham
Raja Swedia Carl Gustav.
Foto: Commons Wikimedia
Raja Swedia Carl Gustav.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Raja Carl XVI Gustav dan Ratu Silvia dari Swedia akan pergi ke Kota Bandung dengan menggunakan kereta dari Jakarta pada Rabu (24/5). Raja dan Ratu Swedia mengaku tertarik untuk melihat langsung pemandangan pesawahan dari dalam kereta di sepanjang perjalanan menuju Bandung.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog mengatakan, Raja Carl dan Ratu Silvia akan dijamu oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di kediamannya. Menurutnya, Bandung menjadi salah satu kota tujuan Raja dan Ratu Swedia karena memiliki keunikan tersendiri.

"Kota ini menurut saya penuh dengan kreatifitas dan inovasi. Di sini juga ada universitas terbaik, yaitu ITB. Cuacanya juga dingin," kata Skoog, Kamis (18/5).

Raja Carl dan Ratu Silvia akan diajak mengunjungi Museum Asia Afrika dan bertemu dengan dewan alumni Swedia di ITB. Keduanya akan menyaksikan penandatanganan MoU antara Swedish Institute dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), serta peluncuran portal LinkedIn untuk menyatukan alumni dan perusahaan Swedia di Indonesia.

 

Di akhir kunjungannya, mereka akan mengikuti seminar model Triple Helix di ITB, yang bekerja sama dengan Lund University. Dalam seminar itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Infrastruktur Swedia Anna Johansson akan ikut serta.

Tujuan dari seminar Triple Helix adalah untuk mendorong kolaborasi antara perusahaan, universitas, dan pemerintah. Kolaborasi itu diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi penelitian, inovasi, dan kewirausahaan.

"Model Triple Helix sangat sukses di Swedia dalam bidang bisnis dan ilmu pengetahuan," kata Skoog.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement