Jumat 19 May 2017 03:51 WIB

Teten: Pemerintah Komitmen Dukung Industri Sawit

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Budi Raharjo
Perkebunan Kelapa Sawit, ilustrasi
Perkebunan Kelapa Sawit, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Pemerintah berkomitmen penuh untuk terus mendukung industri perkebunan kelapa sawit. Sebab industri tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional dengan mendatangkan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

"Saya pikir pemerintah memiliki komitmen yang besar pada industri sawit," ujar Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Teten Masduki pada Perayaan 2 Abad Kebun Raya Bogor di Kebun Raya Bogor, Kamis (18/5).

Di saat terjadi perlambatan perekonomian dunia, ia melanjutkan, sawit menjadi penyelamat perekonomian Indonesia. Hilirisasi sawit diakui Teten belum optimal karena selama ini Indonesia masih mengandalkan ekspor dalam bentuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Oleh karena itu pemerintah meminta para pelaku usaha segera melakukan hilirisasi industri sawit. Dengan demikian, nilai tambah industri sawit akan banyak dirasakan bangsa Indonesia. "Dari sisi pengusaha tentu saja akan mendapatkan tambahan keuntungan, sementara beban pemerintah akan berkurang karena hilirisasi ini akan menyerap banyak tenaga kerja," ujar Teten.