Sabtu 20 May 2017 21:03 WIB

Pinjaman Mudah, Modal Bukan Masalah Bagi PNS Memulai Bisnis

Red: Dwi Murdaningsih
Dedeh Kurniati, debitur bank BJB yang sukses berbisnis.
Foto: bank bjb
Dedeh Kurniati, debitur bank BJB yang sukses berbisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, CICALENGKA -- Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bukan berarti tidak boleh menggeluti dunia wirausaha. Sepanjang tidak menelantarkan tanggung jawabnya dan ada kesempatan. Bank BJB memberikan skim kredit menarik dengan Kredit Guna Bhakti (KGB). Skim ini banyak dimanfaatkan oleh para PNS untuk memiliki usaha sampingan lainnya.

Salah satunya Dedeh Kurniati (50 tahun). Dia merupakan salah satu PNS yang relatif sukses dalam menjalankan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sektor pertanian dan pangan. Sehari-harinya, ibu dari dua anak ini menjadi guru PNS di SMPN 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung.   

 

Warga Kampung Cicalung, Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung itu, awalnya mengajar di SMPN 1 Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Cita-cita menjadi guru berhasil dicapainya meskipun harus berjauhan dengan orang tua. Saat awal menjadi PNS, Dedeh tinggal di Kabupaten Cianjur. Sementara orang tua Dedeh merupakan warga asli Kampung Cicalung, Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupate Bandung. Tahun 1990, Dedeh menikah dengan kakak kelasnya di IKIP.