Senin 22 May 2017 16:39 WIB

Dapat Peringkat Layak Investasi S&P, Ini Instruksi Jokowi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan peringkat layak investasi atau investment grade yang diperoleh Indonesia dari lembaga pemeringkat S&P haruslah dimanfaatkan dengan baik. Sebab, dengan hasil peringkat ini membuktikan adanya kepercayaan investor kepada pemerintah Indonesia. Karena itu, Jokowi meminta agar kepercayaan dari para investor tersebut haruslah dijaga bersama.

“S&P telah memberikan kepada kita investment grade, sehingga ini menambah kepercayaan kepada kita terutama untuk investasi-investasi yang berasal dari luar karena itulah sebuah kepercayaan yang harus kita jaga,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (22/5).

Ratas kali ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti sejumlah pertemuan, khususnya belt and road forum di Beijing. Melalui forum-forum tersebut, kata dia, peluang kerja sama dengan negara lain menjadi sangat terbuka lebar.

Peluang-peluang tersebut, kata dia, harus dimanfaatkan dengan baik karena tak bisa datang dalam dua kali kesempatan, bahkan lebih. Sebab itu, Presiden meminta agar pemerintah dapat memberikan pelayanan yang cepat dan terintegrasi terhadap investasi-investasi yang masuk.