Rabu 24 May 2017 05:55 WIB

Pengerjaan Stadion Batakan untuk Persiba Dikebut

Red: Israr Itah
Stadion Batakan
Foto: Instagram Persiba
Stadion Batakan

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Persiba Balikpapan bersyukur mendapatkan kesempatan menggunakan Stadion Parikesit sebagai markas mereka sambil menanti Stadion Batakan selesai. PT Pertamina sebagai pemilik lahan Stadion Parikesit memberikan izin pemakaian yang berlaku antara 1 Juni hingga 1 Juli 2017.

Dalam durasi waktu itu, Persiba setidaknya bisa menjadi tuan rumah empat kali dan disaksikan sekurangnya 25 ribu penonton. Saat ini, tim Beruang Madu menggunakan Stadion Gajayana sebagai markas.

(Baca: Persiba akan Kembali Berkandang di Balikpapan)

Waktu satu bulan yang diberikan Pertamina sementara dianggap cukup. Sebab, Stadion Batakan semakin dipercepat penyelesaiannya. 

"Kan hanya tinggal jalan masuk stadion dan beberapa sarana yang lain," kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh ketika dikonfirmasi Antara, Selasa (23/5).

DPRD Balikpapan sudah menyetujui pengucuran anggaran oleh eksekutif, meskipun normalnya harus menunggu pembahasan APBD Perubahan pada Agustus mendatang.

"Tinggal dilelang lagi," kata Abdulloh yang turut prihatin Persiba baru mendapat satu poin dari tujuh pertandingan Liga 1 saat berkandang di Malang. 

Selain akses jalan, hampir sebagian besar poin verifikasi Stadion Batakan sudah memenuhi syarat, bahkan untuk level pertandingan di tingkat Asia di bawah AFC. 

"Kami sekalian verifikasi untuk level AFC agar tidak berulang-ulang verifikasi," kata Somad, verifikator dari PT Liga Indonesia Baru, penyelenggara Liga 1. 

Untuk menggelar pertandingan di level AFC, Stadion Batakan tinggal menambah 5.000 kursi di tribun barat, sementara untuk jadi tuan rumah Liga 1 belum ada kursi di tribun tidak apa-apa.

Pembangunan Stadion Batakan belum selesai sepenuhnya dan saat ini masih dalam tanggung jawab kontraktor PT Waskita Karya, serta di bawah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan. Jadwal resmi penyelesaian proyek stadion itu adalah Juni 2017. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement