Kamis 01 Jun 2017 08:34 WIB

Hadiri Upacara Hari Pancasila, Menteri Kenakan Pakaian Adat

Rep: Debbie Sutrisno‎/ Red: Bayu Hermawan
Gedung Pancasila
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gedung Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara baik dari eksekutif dan legislatif menghadiri peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Pancasila, yang bertempat di Kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis (1/7).

Pancasila yang merupakan dasar negara dan mampu menyatukan perbedaan bangsa , ditampilkan secara tersirat dalam peringatan hari ini. Para petinggi lembaga negara menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Dari pantauan Republika.co.id, Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yassona Laoly datang dengan mengenakan pakaian adat Nias Selatan. Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang merupakan putra dari Bone, Sulawesi Selatan, menggunakan pakaian adat Bugis.

Ketua MPR Zulkifli Hasan pun datang ke Gedung Pancasila mengenakan pakian adat  Lampung. Sedangkan Gubernur Bank Indonesia Agus D W Soemarto terlihat mengenakan pakaian adat Jawa.

 

Begitu pun dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengenakan adat Jawa.  Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tiba di Gedung Pancasila mengenakan pakaian Batak Karo.

Meski demikian tidak semua menteri mengenakan pakaian adat. Sebagian Menteri dan Kepala Lembaga hanya mengenakan pakaian batik dan jas. ‎Peringatan Hari Pancasila kali ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi, sapaan akrabnya, akan menjadi inspektur upacara dalam acara ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement