Sabtu 03 Jun 2017 18:53 WIB

Psikolog: Guru Berperan Penting Tangkal Anarkisme Remaja

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yudha Manggala P Putra
Polres Metro Bekasi Kota mengamankan 20 tersangka geng motor dan melakukan pembinaan terhadap 80 preman, Jumat (26/5).
Foto: Republika/Aziza Fanny Larasati
Polres Metro Bekasi Kota mengamankan 20 tersangka geng motor dan melakukan pembinaan terhadap 80 preman, Jumat (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Anak dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Endang Widyorini mengatakan, guru memiliki peran penting dalam upaya menangkal anarkisme remaja. Menurutnya, yang paling penting adalah guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi murid-muridnya.

Selain itu, menurutnya pengembangan karakter anak perlu dibenahi agar tertanam nilai sosial dan agama dalam diri sang anak. "Guru harus bisa jadi contoh dan menghargai anak. Pengembangan karakter perlu dibenahi," kata Endang saat dihubungi Republika, Sabtu (3/6).

Salain guru, menurutnya kurikulum pun perlu berperan dalam menangkal anak-anak sekolah bergabung ke dalam geng motor. Caranya, kurikulum harus memasukan materi penanaman nilai-nilai yang positif.

Endang melanjutkan, kesalahan dalam pengasuhan dan pendidikan, serta masalah nilai dan perilaku orang-orang di sekitarnya, akan sangat mempengaruhi prilaku anak, terutama saat remaja. Terlebih, masa remaja adalah masa pencarian identitas.

"Remaja adalah masa pencarian identitas. Sehingga sangat rentan untuk dimasuki atau dipengaruhi oleh hal-hal yang negatif," ucap Endang.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya merilis penangkapan puluhan anggota geng motor yang juga melakukan tindak kekerasan dalam aksi kejahatannya. Setidaknya, 28 orang diamankan polisi karena diduga terlibat dalam kekerasan geng motor. Selain menangkap puluhan pelaku, polisi juga menyita berbagai jenis senjata tajam yang digunakan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement