Kemendag Gelar Pasar Murah Ramadhan 2017

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya

Rabu 07 Jun 2017 11:30 WIB

Pedagang melayani pembeli kebutuhan pokok. ilustrasi Foto: Republika/Adhi Wicaksono Pedagang melayani pembeli kebutuhan pokok. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar Pasar Murah Ramadhan yang tahun ini akan berlangsung mulai 7-20 Juni 2017 di pelataran parkir gedung Kemendag, Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Peresmian pasar musiman tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Rabu (7/6).

Mendag mengatakan, pihaknya menggandeng sejumlah pelaku usaha untuk ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pasar Murah Ramadhan. Karenanya, beragam bahan pangan seperti beras, telur, daging ayam, daging sapi, bawang merah dan bawang putih, cabai, tepung terigu, minyak goreng hingga makanan olahan dapat dijual dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran di pasar Ramadhan tersebut.

"Mereka (pengusaha) tentu dalam kegiatan sehari-harinya sudah mendapat keuntungan. Sekarang kami ajak pengusaha untuk berbagi sedikit keuntungannya pada masyarakat," tutur Enggar. "Saya sampaikan ke mereka, setahun sekali saja beli karcis ke surga."

Ia menyebut, pasar murah serupa juga digelar di 34 provinsi di Indonesia dengan tujuan agar lebih mendekatkan produsen dengan konsumennya. Mendag berharap, kehadiran Pasar Murah Ramadhan dapat membantu para ibu untuk menekan pengeluaran keluarga untuk konsumsi selama hari besar keagamaan.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Wijayanti menambahkan, pasar Ramadhan merupakan agenda rutin yang selalu digelar Kemendag setiap tahun. Tahun lalu, menurutnya, transaksi dalam Pasar Murah Ramadhan mencapai Rp 1,12 miliar selama sepuluh sehari. "Antusiasme masyarakat memang besar sekali terhadap pasar murah ini."

Terpopuler