Kapolri: Jalur Mudik Jabar Relatif Aman

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andri Saubani

Kamis 08 Jun 2017 08:43 WIB

Plang penunjuk arah disiapkan saat pengecekan kesiapan pengamanan jalur mudik oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di pos pantau Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (7/6). Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Plang penunjuk arah disiapkan saat pengecekan kesiapan pengamanan jalur mudik oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di pos pantau Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, jalur mudik daerah Jawa Barat tahun ini relatif aman. Tito mengatakan, hal tersebut karena berbagai invoasi yang dilakukan berbagai macam pihak untuk menyukseskan mudik tahun 2017. “Polri, TNI Pemda, Bapak Bupati, Ibu Bupati kemudian kesehatan dll relatif baik," katanya saat mengunjungi Posko Terpadu Cikopo, Rabu (7/6).

Tito juga mengatakan, daerah rawan kemacetan seperti Brebes akan diberlakukan sistem pengalihan aliran lalu lintas. "Seandainya di Brebes terjadi kepadatan yang cukup tinggi maka kita alirkan di Palimanan, di KM 66, di Cikopo akan kita alirkan baik ke Pantura atau ke jalur tengah, atau ke jalur selatan," jelasnya.

Kemudian, kata dia, di beberapa titik yang rawan macet juga disiapkan posko bersama seperti yang berada di Jawa Tengah. Posko tersebut akan memiliki bengkel, fasilitas kesehatan dan tempat pengisian bahan bakar.

Tito juga menjelaskan, yang perlu diwaspadai adalah arus mudi yang akan menumpuk di daerah Jawa Barat menuju Jakarta.  "Terutama di Nagrek, tol Cikampek karena ini pertemuan KM 66 ini pertemuan balik dari selatan dan dari Timur," jelasnya.