Jumat 09 Jun 2017 14:54 WIB

Gubernur BI: Wimboh Santoso Harus Perkuat Kelembagaan OJK

Red: Nur Aini
 Gubernur BI Agus Martowardojo
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Gubernur BI Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyambut suksesi kepemimpinan Otoritas Jasa Keuangan dan meminta pemimpin baru Wimboh Santoso untuk memperkuat kelembagaan OJK terutama dalam pengawasan sistem keuangan nasional.

"Kami lihat kelembagaan harus diperkuat karena fungsi utama adalah pengawasan terintegrasi sehingga bisa meneruskan untuk membangun pengawasan yang terintegrasi," kata Agus di Kantor BI Pusat di Jakarta, Jumat (9/6).

Agus mengatakan sistem pengawasan dan pengaturan oleh OJK sebagai regulator harus diperkuat. Untuk itu, salah satu upayanya adalah peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di lembaga irisan BI tersebut. "Termasuk juga peningkatan koordinasi dengan BI, Kementerian Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan," ujar dia.

Agus melihat proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tujuh Dewan Komisioner OJK di Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepanjang pekan ini berjalan baik. Dia menaruh harapan kepada tujuh DK OJK untuk dapat meningkatkan kredibilitas OJK sebagai wasit pada industri jasa keuangan tersebut.