Jalur Fungsional Tol Brebes-Semarang akan Tekan Macet Brexit

Rep: Mabruroh/ Red: Nur Aini

Senin 12 Jun 2017 15:00 WIB

Kendaraan melintas di jalur tol Brebes Timur-Grinsing di ruas Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (8/6). Tol sepanjang 110 kilometer dari Brebes Timur sampai Grinsing, Kabupaten Batang akan digunakan secara fungsional pada mudik lebaran tahun ini. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Kendaraan melintas di jalur tol Brebes Timur-Grinsing di ruas Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (8/6). Tol sepanjang 110 kilometer dari Brebes Timur sampai Grinsing, Kabupaten Batang akan digunakan secara fungsional pada mudik lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tol Brebes -Semarang rencananya sudah mulai digunakan pada musim mudik Lebaran 2017 ini. Namun karena belum sepenuhnya rampung dikerjakan maka sifatnya masih sebagai jalan fungsional.

"Kita berupaya menghindarkan kemacetan seperti kasus Brexit tahun lalu dan Menteri PUPR bekerja sangat keras sekali dan alhamdulillah ini sudah ada jalur, jalan fungsional," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

Tito menjelaskan, panjang jalur fungsional yang telah dibangun 110 kilo meter (km) dari Brebes Exit (Brexit). Dengan pembangunan sepanjang 110 km tersebut diharapkan mampu untuk mengurai tragedi kemacetan tahun lalu di Brexit.

"Tahun lalu macet karena arus lalin semua numpuk di sana, yang mau keluar Pantura menuju Semarang maupun yang ke arah selatan, ini yang ke arah Cilacap, Banyuwangi, Banyumas, Purwokerto itu semua lewat sana, sehingga terjadi penumpukan, kemacetan yang sangat panjang dan berdampak pada masalah kesehatan, BBM," ujarnya.