Sabtu 17 Jun 2017 02:47 WIB

Mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl Meninggal Dunia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ilham Tirta
Mantan Kanselor Jerman Helmut Kohl (kanan).
Foto: AFP
Mantan Kanselor Jerman Helmut Kohl (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mantan Kanselir Jerman, Helmut Kohl, meninggal dunia di usia 87 tahun. Koran Jerman, Bild, melaporkan Kohl meninggal pada Jumat (16/6), di rumahnya, Ludwigshafen.

"Kami berada dalam kesedihan. #RIP #HelmutKohl," tulis Partai Persatuan Kristen Demokratik yang mengusung Kohl, dalam akun Twitter resminya.

Kohl menjabat sebagai Kanselir Jerman selama 16 tahun, sejak 1982 hingga 1998. Ia berhasil menyatukan Jerman yang terpecah belah akibat Perang Dingin, di jantung Uni Eropa.

Dia mengupayakan persatuan Eropa dengan naluri tajam yang dimilikinya setelah jatuhnya Tembok Berlin pada November 1989. Setahun setelah insiden itu, Kohl menyatakan berakhirnya perpecahan Jerman setelah Perang Dingin.

Mantan Presiden AS Bill Clinton pernah menggambarkan Kohl sebagai negarawan Eropa yang paling penting sejak Perang Dunia II.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَذٰلِكَ اَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوْٓا اَنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيْهَاۚ اِذْ يَتَنَازَعُوْنَ بَيْنَهُمْ اَمْرَهُمْ فَقَالُوا ابْنُوْا عَلَيْهِمْ بُنْيَانًاۗ رَبُّهُمْ اَعْلَمُ بِهِمْۗ قَالَ الَّذِيْنَ غَلَبُوْا عَلٰٓى اَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِمْ مَّسْجِدًا
Dan demikian (pula) Kami perlihatkan (manusia) dengan mereka, agar mereka tahu, bahwa janji Allah benar, dan bahwa (kedatangan) hari Kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika mereka berselisih tentang urusan mereka, maka mereka berkata, “Dirikanlah sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka.” Orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata, “Kami pasti akan mendirikan sebuah rumah ibadah di atasnya.”

(QS. Al-Kahf ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement