Rabu 21 Jun 2017 09:34 WIB

Milisi Bersenjata Filipina Duduki Sekolah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
 Tentara Filipina (ilustrasi).
Foto: EPA/Ben Hajan
Tentara Filipina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Anggota Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro (BIFF) dilaporkan menyerbu Kota Pigcawayan di Filipina Selatan, Rabu (21/6) pagi waktu setempat. Milisi BIFF bahkan menduduki sebuah sekolah di kota tersebut.

"Angota BIFF terlibat dalam baku tembak dengan militer dan menduduki sebuah sekolah," ujar Inspektur Kepala Realam Mamon dalam sebuah wawancara di radio seperti dilaporkan laman The Telegraph.

Kendati demikian, belum ada keterangan terperinci terkait serangan BIFF ke Pigcawayan. Termasuk tentang situasi serta kondisi di sekolah yang diduduki dan dikuasai BIFF.

Pigcawayan terletak di 190 kilometer arah selatan kota Marawi. Ini merupakan kota tempat BIFF, dengan kelompok militan lainnya, termasuk ISIS, bersembumyi dan bersekutu untuk melawan militer Filipina.

Berdasarkan perhitungan resmi pemerintah, 350 orang telah tewas dalam pertempuran antara militer dengan kelompok militan di wilayah tersebut. Warga yang tinggal di daerah itu juga harus dievakuasi dan diungsikan agar tak menjadi sasaran tembak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement