Pemudik Motor Terus Padati Pelabuhan Merak

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ilham Tirta

Jumat 23 Jun 2017 11:44 WIB

  Kendaraan antre memasuki kapal Ro-Ro di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (22/6) malam. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan antre memasuki kapal Ro-Ro di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (22/6) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Banten, AKBP Zaenuddin mengatakan, dipastikan hari ini adalah puncak dari arus mudik di Pelabuhan Merak. Hal itu disampaikan Zaenuddin di sela-sela waktu ketika ia sedang memantau langsung H-2 arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6).

"Pemudik masih akan memadati Pelabuhan Merak mulai dari pagi ini hingga malam nanti," kata Zaenuddin. Kebanyakan adalah pemudik sepeda motor.

Menurut Zaenuddin, pemudik sepeda motor sudah diatur berdasarkan tenda-antrian yang disiapkan oleh Angkutan Sungai dan Penyebrangan (ASDP). Menurut pantauan Republika.co.id, ada enam tenda antrian motor yang disiapkan. Diperkirakan satu tenda dapat menampung sekitar 1.000 sepeda motor. "Biar tertib, dan ini diatur dari waktu datangnya kapal dan kapasitas kapal," ujarnya.

Dampak dari padatnya pemudik sepeda motor di puncak arus mudik ini menyebabkan banyak pemudik sepeda motor tidak sabar. Terbukti terdengar suara klakson motor dan teriakan terdengar dari pemudik yang tidak sabar. "Biasalah kalau kondisinya seperti ini kan inginnya cepet-cepetan," katanya.

Terpopuler