Selasa 13 Sep 2011 19:04 WIB

Tingkatkan Kapasitas Produksi, Toyota Siapkan Investasi 385 Juta Dolar AS

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Direktur Toyota Motor Corp Akio Toyoda menyampaikan kesiapan ekspansi Toyota Motor Corp di Indonesia kepada Wakil Presiden Boediono saat diterima Wapres di kantornya, Jakarta, Selasa.

Juru bicara wapres, Yopie Hidayat,mengatakan, kedatangan Presiden Direktur PT Toyota Motor Corp itu untuk menyampaikan dua hal, pertama terkait perayaan 40 tahun keberadaan Toyota di Indonesia dan rencana ekspansi di Indonesia.

Yopie mengatakan, Akio melaporkan kepada Wapres, Toyota akan melakukan ekspansi sarana produksi dengan investasi senilai 385 juta dolar AS atau sekitar 30 miliar yen.

Investasi tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi toyota dari semula 110.000 mobil per tahun menjadi 200.000 mobil per tahun. Investasi ini juga akan menyerap sekitar 7.000 tenaga kerja.

Selain peningkatan produksi, menurut Yopie, Toyota juga akan memperluas jaringan distribusi untuk memperkuat penguasaan pasar. Untuk itu, investasi pada jaringan distribusi direncanakan sebesar Rp2,9 triliun. Investasi ini diperkirakan juga akan menyerap 7.000 tenaga kerja.

Ia menambahkan, adanya investasi untuk memperluas pembangunan pabrik ini juga akan meningkatkan permintaan kepada suplier. Peningkatan terhadap suplier tersebut diperkirakan akan mampu menyerap 1.000 tenaga kerja.

"Sehingga total tenaga kerja terserap 15.000 ribu orang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement