REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menyambut awal tahun 2012 PT Toyota Astra Motor selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia meluncurkan Toyota New Alphard.
Peluncuran ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Jhonny Darmawan. “Toyota New Alphard tampil lebih progressif dibandingkan Alphard sebelumnya,” ujar Jhonny, Senin (9/1) di Jakarta.
Tampilan progresif Toyota New Alphard tidak lepas dari perubahan eksterior dan interior yang dilakukan pihak Toyota. Lampu kabut depan dibuat lebih lebar dari Alphard edisi sebelumnya. Bemper depan dibuat agak lebih maju. Grill depan dibuat lebih variatif dengan lapisan krom. Sementara seluruh velg ban menggunakan diameter 17 inchi model terbaru.
Di bagian kabin, Toyota melakukan penambahan jumlah speaker dari delapan unit menjadi sepuluh unit. Speaker yang digunakan terbuat dari beryllium invertde dome tweeter, yakni material berkualitas untuk menghasilan audio yang renyah dan jernih. Perubahan interior juga terjadi pada warna dashboard yang lebih gelap. Tujuannya untuk memberi kesan elegan dan mewah.
Jhonny mengatakan, Toyota tidak melakukan perubahan signifikan karena pertimbangan kenyamanan. Menurutnya perubahan pada new Alphard sudah melalui hasil survey terhadap konsumen. Khusus untuk tahun 2012, Jhonny menyatakan Toyota Astra Motor menargetkan market share sebesar 35 persen.
“Data dari Gaikindo prediksi penjualan mobil di 2012 sebesar 925 ribu sampai 950 ribu,” katanya. Jhonny mengungkapkan pada 2011, Toyota Astra Motor berhasil menutup penjualan di angka 310 ribu uni. Raihan penjualan tersebut, sukses membawa Toyota Astra Motor ke peringkat empat dunia di bawah Amerika, China, dan jepang.
Toyota New Alphard kata Jhonny akan dilucurkan awal Februari 2012. Sayang dia enggan membocorkan berapa kisaran harga jual Toyota New Alphard. Jhonny hanya mengatakan harga Toyota New Alphard dipastikan akan bersaing dengan kompetitor sekelasnya. “Minggu depan baru kita akan sampaikan harga jualnya,” ujar Jhonny.