Jumat 20 Jan 2012 12:39 WIB

GM Peroleh Kembali Posisi Utama Produsen Mobil Dunia

Red: Dewi Mardiani
Volkswagen diperkirakan berhasil melampaui Toyota dan General Motors dalam jumlah penjualan mobil di dunia untuk tahun 2011.
Foto: AP
Volkswagen diperkirakan berhasil melampaui Toyota dan General Motors dalam jumlah penjualan mobil di dunia untuk tahun 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, General Motors (GM) mendapatkan kembali posisinya sebagai produsen mobil terbesar dunia dalam satu gebrakan produksi. Hal ini mengagetkan setelah perusahaan besar ini menghadapi bangkrut dua tahun yang lalu.

Penjualan GM di tahun lalu meningkat 7,6 persen dengan 9 juta unit kendaraannya. Toyota yang menggantikan posisi GM sebagai produsen top dunia di tahun 2008, menargetkan pemasaran sebesar 7,9 juta unit di 2011. Jumlah produk Toyota menciut saat terjadinya bencara alam di Jepang dan Thailand yang menghancurkan pabrik mereka dan para suplier.

Jumlah pemasaran GM itu telah memici klaim dari lawan perusahaan tersebut, Volkswagen, yang sebelumnya juga berada di posisi teratas sebagai produsen terbesar dunia. Menurut Wall Street Journal, perusahaan Jerman itu mengatakan bahwa jumlah penjualan GM itu melejit karena ada tambahan pemasaran yang dilakukan oleh rekanannya di Cina.

Volkwagen mendebat bahwa jumlah pemasarannya sendiri tidak memasukkan produk truk MAN dan Scania yang juga mengambil porsi terbesar pemasarannya. Pemasaran Volkswagen di tahun 2011 mencapai 8,1 juta unit.