REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penjualan PT Astra Daihatsu Motor naik 18,4 persen menjadi 13.038 unit pada Januari tahun ini dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.
Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, melalui keterangan pers yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu, mengatakan penjualan Daihatsu masih didominasi oleh kendaraan serbaguna (MPV) kecil, Xenia, sebanyak 6.031 unit atau sekitar 46 persen dari total penjualan.
Kontribusi penjualan kedua terbesar adalah kendaraan niaga kecil, Daihatsu Grand Max, sebanyak atau sekitar 31 persen dari total penjualan.
Selanjutnya adalah Daihatsu Terios yang mewakili produk kelas medium SUV dengan kontribusi sebesar 16 persen atau 2.035 unit serta Daihatsu Luxio dan Sirion mencapai angka penjualan masing-masing sebesar 582 unit (4,5 persen) dan 339 unit (2,5 persen).
"Bila dibandingkan dengan penjualan ritel bulan sebelumnya (Desember 2011) penjualan Daihatsu naik 15,2 persen," kata Amelia. Dengan pencapaian pada Januari tersebut, lanjut dia, Daihatsu menduduki posisi kedua pasar mobil di Indonesia.
Oleh karena itu, Amelia optimistis target penjualan Daihatsu sebesar 145.000 unit pada tahun ini bisa tercapai. Apalagi, lanjut dia, sejak Mei 2011 kapasitas produksi ADM telah meningkat menjadi 330.000 unit/tahun.
"Kenyataannya pada 2011 produksi Daihatsu telah mencapai 373.395 unit atau meningkat sekitar 17 persen dibandingkan dengan produksi tahun 2010. Angka produksi 2011 ini merupakan rekor baru dan melebihi kapasitas terpasangnya yang hanya 330.000," ujar Amelia.
Pada 2012, lanjut dia, ADM akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 430.000 unit melalui pembangunan pabrik baru yang terintegrasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur.