Kamis 08 Mar 2012 16:13 WIB

Pertamina akan Bantu Penurunan Emisi Emseka Rajawali

Esemka Rajawali
Foto: antara
Esemka Rajawali

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA--Wali Kota Surakarta Joko Widodo atau yang dikenal dengan nama Jokowi mengatakan bahwa PT Pertamina siap membantu upaya untuk menurunkan emisi mobil Esemka.

"Ada bahan bakar yang bisa mengurangi ketebalan gas buang emisi dan Pertamina siap untuk membantu bahan bakar ini untuk mobil Esemka," katanya di Surakarta, Kamis.

Mobil Esemka sampai sekarang masih dalam pembenahan dan perbaikan supaya bisa lolos pada uji emisi yang kedua. "Saya belum mengerti kapan persiapan uji emisi kedua itu dilakukan, tetapi yang jelas menunggu selesainya perbaikan itu," katanya.

Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) Sulistyo Rabono optimistis uji emisi kedua yang akan dijalani mobil Esemka merupakan uji emisi terakhir yang akan dijalani mobil fenomenal tersebut.

"Saya yakin uji emisi besok yang terakhir untuk mobil Esemka Rajawali. Saat uji emisi ke tiga kita sudah bawa tipe mobil yang lain," katanya.

Ia mengatakan, saat ini telah selesai membongkar mesin mobil Esemka dan menganalisis secara terpisah di dua perguruan tinggi di Solo.

Tim dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Akademi Teknik Warga (ATW) memeriksa mobil tersebut untuk mencari penyebab produksi karbon yang berlebih.

Evaluasi mesin diperkirakan selesai empat hari mendatang. "Nanti sebelum tes ke Tangerang, tentu kita akan uji dulu sendiri. Alat untuk uji akan didatangkan. Tentu alat tersebut berstandar internasional," katanya. (

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement