REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota menambah 48 jaringan dealer baru terutama di kabupaten/kota madya untuk persiapan memasarkan mobil kecil di bawah 1.500 cc.
"Kami menilai perlu memperluas jaringan pemasaran sampai ke kota-kota kecil di seluruh Indonesia, karena kami berencana memasarkan model baru mobil kecil," kata GM Perencanaan Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo.
Namun, ia tidak mau menyebutkan model mobil kecil yang akan dipasarkan Toyota di Indonesia. Saat ini Toyota telah memasarkan mobil kecil seperti Yaris untuk segmen hatchback (sedan buntung) dan Avanza untuk segmen kendaraan serbaguna (MPV).
"Kami ingin menjadi nomor satu untuk tingkat kabupaten/kota. Di beberapa kota/kabupaten kecil, Toyota masih belum memimpin pasar," kata Widyawati.
Sampai akhir 2011 TAM memiliki 222 jaringan dealer mobil dan menjadi pemimpin pasar penjualan otomotif di Indonesia, dengan penguasaan pasar sebesar 38 persen pada Januari-Maret 2012.