REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penjualan Daihatsu di Indonesia meningkat 22 persen menjadi 40.099 unit pada triwulan pertama 2012 ketimbang periode yang sama tahun lalu, yakni 32.734 unit.
"Dengan pencapaian ini, selama triwulan pertama 2012, market share Daihatsu tetap berada di posisi kedua pasar mobil nasional dengan pangsa pasar secara whole sales (penjualan sampai tingkat dealer) sebesar 16 persen," kata Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, Selasa.
Kenaikan cukup signifikan itu diungkapkannya melalui keterangan pers yang diterima ANTARA hari ini. Pada Maret, penjualan Daihatsu mencapai angka 13.198 unit atau naik 29,5 persen ketimbang periode yang sama pada 2011, yakni 10.186 unit.
Kontribusi utama penjualan ADM masih didominasi kendaraan serba guna (MPV) kecil All New Xenia yang mencapai 5.445 unit atau sebesar 41 persen dari total penjualan Daihatsu.
Penyumbang kedua penjualan ADM ada kendaraan niaga kecil Gran Max sebanyak 4.401 unit atau sekitar 33 persen dari total penjualan Daihatsu bulan Maret 2012. Sementara SUV medium, Terios memberi kontribusi sebesar 17 persen atau sebesar 2.184 unit.
Model lainnya seperti Daihatsu Luxio memberi kontribusi penjualan sebesar lima persen, dengan angka 633 unit, dan All New Sirion yang bermain di segmen kendaraan kompak perkotaan memberi kontribusi penjualan sebesar empat persen dengan angka 535 unit.
Daihatsu menjadi pemain otomotif kedua terbesar di Indonesia, setelah Toyota yang pada triwulan pertama menjual sekitar 96.000 mobil.