Advertisement
In Picture: Perakitan Bugatti Veyron, Mobil Tercepat di Dunia
Senin 10 Sep 2012 03:41 WIB
Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Bugatti Veyron
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Awal perjalanan dimuali dari sini, pabrik mesin VW di Salzgitter.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Tak diragukan lagi, ini adalah salah satu pabrik mesin terbesar di dunia
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Bagian-bagian dari aluminium dan titanium yang dipesan sebelumnya diantar dalam kemasan bersegel rapat.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Setiap piston dipahat satu per satu dari aluminium solid

Mesin utama sebenarnya ialah konfigurasi W, dua mesin V8 yang digabung menjadi satu.

Para seniman otomotif membutuhkan sepekan untuk menyelesaikan satu mesin Veyron

Setiap Veyron memiliki rem berbahan keramik karbon masif.

Mereka pun dibuat dengan tangan, sekali lagi di Jerman
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Setiap rem tahan panas hingga 982 derajat Celsius namun tak cukup untuk mampu menghentikan mesin
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Itulah fungsi desain sayap belakang, demi menghentikan mesin saat melaju di 200 km/jam. Sistem rem udara memberi daya 70 persen dari total pengereman

Hagemann Aerospace bertanggung jawab mengkonstruksi bagian sayap di Jerman
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Kerangka bagian depan dibuat dari baja stainles kualitas materi pesawat ulang-alik
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Perusahaan Italia, Ricardo, dikontrak untuk menggarap gearbox
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Tanki bahan bakar dibentuk dari 250 komponen. Butuh tiga pekan untuk menghasilkan satu.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Ketika bagian dan suku cadang selesai diproduksi, mereka kemudian di kirim ke Molsheim, Prancis.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Atelier ialah kata Prancis yang berarti ruang kerja seniman
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Belum ada ban yang dibuat untuk mobil secepat itu. Michelin digandeng untuk menerjemahkan kebutuhan tersebut
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Awalnya dibuat dua versi, satu untuk jalan biasa, satu untuk trek balap. Bugatti bilang mereka butuh satu untuk dua kondisi.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Mungkin sulit dipercaya, tapi bagian depan dan samping Veyron hanya disatukan dengan 14 baut.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Kokpit pengemudi dari serat karbon melindungi pengendara
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Sebelum semua dilekatkan, mobil menjalani rangkaian tes demi memastikan semua sesua keinginan.
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Setiap mur dan baut di seluruh mobil dipasang dengan tangan. Butuh empat-lima pekan untuk menyelesaikan satu Veyron
(Foto:YOU TUBE)
(Foto:YOU TUBE)

Setiap Veyron harus melibas lintasan sepanjang 500 kilometer untuk mengetahui semuanya bagian dikerjakan dengan benar
(Foto:VIA YOUTUBE)
(Foto:VIA YOUTUBE)

Dalam kecepatan tertinggi, Veyron mampu melintasi lebih dari satu keliling lapangan sepak bola dalam sedetik
(Foto:YOUTUBE)
(Foto:YOUTUBE)

Boros, satu galon alias 3,79 liter untuk 1,68 kilometer. Mobil sudah kehabisan bahan bakar dalam 12 menit
(Foto:YOUTUBE)
(Foto:YOUTUBE)

Tubuh Veyron kemudian dirias dengan indah selama dua hari
(Foto:YOUTUBE)
(Foto:YOUTUBE)

Mobil dilapisi rapat dengan penutup sebelum diantar ke pemilik
(Foto:YOUTUBE)
(Foto:YOUTUBE)

Namun bila anda harus merogoh 1 milyar dolar, tentu anda mengharapkan komitmen tingkat tinggi.
(Foto:YOUTUBE)
(Foto:YOUTUBE)
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Populer