REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ford Motor Indonesia (FMI) mencatat kenaikan kinerja penjualan retail sebesar 24 persen pada September 2012 menjadi 1.274 unit, dibanding bulan sebelumnya.
"Kenaikan kinerja ini didorong oleh permintaan kuat atas `all-new Ranger` dan `Ford Fiesta` yang masing-masing berhasil terjual sebanyak 524 unit dan 578 unit," kata Direktur Manajer FMI Bagus Susanto dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.
Dengan demikian, dua produk itu menyumbang 86 persen dari keseluruhan penjualan FMI bulan September. Khusus `all-new Ranger`, Bagus mengatakan bahwa respon pasar di Indonesia sangat menggembirakan, pelanggan menurut dia menyukai teknologi hemat energi dan kenyamanan dari mobil itu.
Dalam dua bulan pertama peluncuran, `all-new Ranger` sudah mencatat pesanan sekitar 3.000 dan khusus bulan September pejualan produk itu naik 47 persen menjadi 524 unit.
"Sementara untuk jenis `Ford Fiesta`, mobil ini kami yakini sudah mapan dalam persaingan segmen mobil kecil yang sangat kompetitif di Indonesia," kata Bagus.
Selain mencatat kenaikan penjualan sebanyak 24 persen pada September, `Ford Fiesta` menurut informasi dari Bagus juga merupakan mobil yang mendapat pesanan pelanggan terbanyak di Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan lalu
Di sisi lain, Bagus optimis terhadap momentum sepanjang sisa tahun ini karena kinerjanya mendapatkan dorongan dari peluncuran resmi `all-new Ford Focus` di IIMS.
"Kami optimis karena inovasi dalam `all-new Ford Focus` secara signifikan telah meningkatkan standar di segmen mobil `compact`," kata dia.
Bagus mengungkapkan, `all-new Ford Focus` pada minggu pertama sejak diluncurkan telah mendapat 150 pesanan dan menjadi finalis `Car of the Year` 2012 yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif Indonesia.
"Kami berharap peluncuran `all-new Ford Focus` dapat membantu menarik banyak pelanggan baru ke Ford," kata Bagus.