Kamis 11 Apr 2013 04:07 WIB

Mobil Ini Jadi Andalan Daihatsu

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---PT Daihatsu Astra Motor (ADM) mengandalkan produk "city car" Ayla dan Agya untuk menaikkan pangsa pasar yang kian turun.

"Konsumen saat ini mulai mencari 'city car' dengan lima tempat duduk, jadi kami harapkan produksi Ayla bisa menaikkan pangsa pasar yang tengah turun," kata Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra saat konferensi pers.

 

Pangsa pasar ADM pada 2012 turun menjadi 14,7 persen dibandingkan dengan 2011 yang masih menyentuh angka 15,7 persen. Amelia menjelaskan pangsa pasar tersebut turun karena tidak bisa memenuhi permintaan.

Namun, dia mengatakan kapasitas sudah di atas pemakaian, tetapi secara volume meningkat dari tahun lalu. "Mudah-mudahan ada kenaikan dari Ayla dan Gran Max yang cukup 'affordable' (terjangkau) bagi masyarakat Indonesia dan pangsa pasar bisa ke level 15 persen," katanya.

Selain itu, berdasarkan survei yang dilakukan ADM, penduduk Indonesia masih menggemari mobil "seven seaters" (tujuh tempat duduk) hingga lima tahun ke depan. "Orang Indonesia itu komunal 'makan gak makan asal ngumpul', karena itu mereka mencari mobil yang muat banyak agar bisa mengajar keluarga serta kerabatnya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menggunakan konsep bagasi dalam Ayla karena menyesuaikan dengan kultur Indonesia, yakni suka belanja dan bawa banyak barang. Namun, produksi Ayla tersebut masih terkendala regulasi yang masih bermasalah dengan redaksional dan perlu ada revisi.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement