Rabu 05 Jun 2013 21:39 WIB

Alasan Kia Mengimpor Utuh All New Carens

KIA All New Carens
KIA All New Carens

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kia Mobil Indonesia (KMI) resmi meluncurkan All New Carens ke pasar nasional. Produk ini diimpor utuh dari Korea dengan harga 249,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 262,5 juta untuk transmisi otomatis.

Sales and Marketing Development Manager KMI, Harry Yanto menjelaskan mengenai alasannya mengimpor produk anyar tersebut secara utuh. "Pertimbangan kita adalah kualitas. Kita ingin menjaga kualitas," katanya kepada Republika, Rabu (5/6).

Ia menyatakan tidak meragukan kualitas perakitan dalam negeri. Namun, dalam beberapa kasus, klaim asuransi terjadi lantaran ada masalah pada bagian yang diproduksi secara lokal. 

Untuk menghindari itu, Kia saat ini lebih memilih untuk mengimpor secara utuh produk-produknya. Termasuk All New Carens yang baru saja diluncurkan.

"Sekarang semua produk kita itu CBU (impor utuh/completely built up)," tambahnya.

Tak hanya itu, pajak pun menjadi pertimbangan. Saat ini, pajak impor dari Korea hanya sekitar 20 persen. 

Jauh turun dari sebelummnya yang mencapai 40 persen. Penurunan ini berkat adanya kerja sama AEAN-Korea yang dicapai medio tahun lalu.

Sehingga, meski pun melakukan impor utuh, namun harga yang ditawarkan masih bisa berkompetisi dengan pabrikan lain. Khususnya produk Jepang.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement