REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota mengklaim paling laris di segmen multi purpose van (MPV) dengan menguasai 51,9 persen dalam lima bulan pertama tahun ini.
"Segmen MPV menjadi kontributor utama penjualan Toyota sepanjang lima bulan pertama tahun ini, dengan total penjualan 116.981 unit atau menyumbang sekitar 65 persen dari total penjualan Toyota selama Januari-Mei 2013 sebesar 179.917 unit," ujar General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/6).
Menurut dia, pencapaian di segmen MPV antara lain berkat Toyota Avanza yang membukukan total penjualan 85.395 unit dan Toyota Kijang Innova 29.342 unit. "Serta produk andalan baru Toyota di segmen ini, Toyota NAV1 sebanyak 1.837 unit," kata dia.
Sementara itu, lanjutnya, di segmen 4x4 Toyota membukukan total penjualan 533 unit dan mendominasi market di kelasnya dengan pangsa pasar 64,1 persen berkat line up produk Toyota Fortuner (4x4), Land Cruiser, dan FJ Cruiser.
"Di lain pihak, segmen kendaraan komersial Toyota membukukan total penjualan 17.215 unit pada Januari-Mei 2013 atau tumbuh 48,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu," kata dia.
Ia mengatakan pertumbuhan ini didorong oleh penjualan pickup yang mencatatkan angka total 6.556 unit atau tumbuh 36,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.817 unit.
"Pada periode yang sama, segmen kendaraan niaga 2 ton membukukan total penjualan 10.105 unit atau tumbuh 49,2 persen dibandingkan dengan Januari-Mei 2012 sebanyak 6.775 unit," kata dia.