REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Tata Motors Indonesia (TMI) optimis pasar otomotif Indonesia memberikan kontribusi besar secara global. Setidaknya, dalam dua-tiga tahun ke depan, Indonesia akan menjadi pasar otomotif terbesar Tata Motors secara global di luar India.
Presiden Direktur TMI Biswadev Sengupta menjelaskan, perusahaan sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menyambut saat tersebut. Seperti menyiapkan produk yang sesuai dengan karakteristik Indonesia. "Melihat pasar otomotif Indonesia, mobil kecil adalah pasar yang paling besar pertumbuhannya. Kita sangat mengharapkan pasar ini," katanya di Jakarta, Kamis (25/7).
Menilik pernyataan itu, tampaknya hatchback akan menjadi produk perdana yang dirilis di Tanah Air. Rencananya, TMI akan merilis produk pertamanya di pasar Indonesia September mendatang. Meski pun ia belum mau menjelaskan secara pasti kapan tepatnya dan jenis apa yang akan dibawanya nanti.
Sebagai pemain baru di pasar otomotif Indonesia, TMI juga optimis kehadirannya akan disambut baik oleh masyarakat. TMI juga tidak ragu akan kompetisi yang akan dihadapinya nanti. "Kami tidak khawatir. Indonesia pasar yang besar dan pasarnya bertumbuh dengan cepat," tambahnya. Nantinya, tambah dia, TMI tidak hanya membawa mobil penumpang. Tapi juga kendaraan bisnis.