Kamis 12 Sep 2013 18:59 WIB

Inilah Mobil Murah Berstandar Global

Rep: Agus Raharjo/ Red: Heri Ruslan
Toyota Agya
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Toyota Agya

REPUBLIKA.CO.ID, Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan aturan teknis tentang mobil Low Cost Green Car (LCGC) awal Agustus lalu.

Pascadikeluarkannya aturan teknis itu, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) saling berlomba dalam perebutan pasar baru industri otomotif tersebut. Pabrikan Toyota melalui ATPMnya Toyota Astra Motor (TAM) bahkan sudah mengenalkan prototipe mobil LCGC sejak setahun lalu di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di Jakarta.

Akhirnya, awal September 2013 ini menjadi bukti Toyota sudah siap menyambut era baru mobil murah ramah lingkungan dengan meluncurkan Astra Toyota Agya. Meskipun harus menunggu selama setahun, pelanggan Toyota tampaknya masih setia menunggu secara resmi lahirnya Toyota Agya.

Pasalnya, sejak dipamerkan setahun lalu, saat ini pelanggan Toyota yang sudah memesan mobil Toyota Agya sudah mencapai 10 ribu unit di seluruh Indonesia. Akibatnya, pasca diluncurkan secara resmi beberapa hari yang lalu, Toyota dapat memenuhi pemesanan Toyota Agya pada akhir November atau awal Desember nanti.