Kamis 05 Dec 2013 19:17 WIB

All New Yaris Siap Diproduksi di Karawang

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Toyota
Toyota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tujuh tahun diimpor dari Thailand, PT Toyota Astra Motor (TAM) siap sambut produksi All New Yaris di Indonesia. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) rencananya akan mulai memproduksi New Yaris pada awal tahun depan di pabrik Kawarang. 

Sebelumnya, Toyota sempat menghentikan produksi untuk Yaris pada Juli 2013 lalu menyusul kebijakan pemetaan ulang (re-mapping) bisnis Toyota secara global.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menyebutkan, diproduksinya hatchback andalan Toyota ini di Indonesia sebagai suatu kebanggan bagi industri otomotif Indonesia khususnya industri otomotif Toyota. Lantaran, akan berdampak pada kemajuan otomotif Indonesia.

"Yaris juga akan menggunakan komponen lokal," tambahnya. Meski Rahmat sendiri belum bisa memastikan berapa persen kandungan lokal yang sudah disiapkan.

Sebelum Yaris, TMMIN sebelumnya sudah merakit Avanza, Vios dan Agya.  "Semakin banyak produk Indonesia, semakin baik untuk Indonesia," ujarnya.

Toyota Yaris pertama kali dikenalkan di Indonesia 2006 lalu. Dari Januari sampai Juli 2013, Toyota mencatatkan penjualan Yaris sebanyak lebih dari 2000 unit. Angka yang sama dari catatan di tahun lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement