REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menapaki tahun 2014, PT Ford Motor Indonesia (FMI) optimis tahun ini bisa menorehkan penjualan yang lebih baik dibanding 2013.
Tahun lalu, Ford berhasil mecatatkan penjualan sebanyak 10.157 unit kendaraan dengan sumbangan terbesar datang dari model Fiesta dan Ranger.
Sejumlah faktor, seperti melemahnya rupiah terhadap dolar ditambah situasi politik di tahun 2014 menurut Managing Director FMI Bagus Susanto tak menyurutkan daya beli masyarakat terhadap kendaraan. "Industri otomotif meningkat seiring meningkatnya kelas menengah," katanya di Jakarta, Kamis (9/1).
Tahun ini, Ford yakin, kehadiran dua jagoan barunya, New Fiesta EcoBoost 1.0L dan Ford EcoSport bisa menjadi primadona baru Ford di Indonesia. "Peluncuran EcoSport jadi milestone Ford di Indonesia," katanya
Tahun 2013 lalu, menurut Direktur Pemasaran FMI Roy Lontoh, Ford Fiesta berhasil terjual sebanyak 3.700 unit. Jika dihitung, ini berarti Fiesta menopang sekitar 36 persen penjualan Ford. Sisanya disusul dari model Ranger dan Focus. "Daya beli masyarakat masih oke, cukup menjanjikan, kita optimis," sambung Roy.
Sebelumnya, Bagus juga mengungkapkan secara nasional pasar otomotif Indonesia masih potensial. Meski tingkat pertumbuhannya tidak setinggi biasanya.
"Dengan pertumbuhan kalangan menengah otomotif menjanjikan. Masih diatas 1,2 juta (penjualan otomotif nasional)," ujarnya.