REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--PT Toyota Astra Motor (TAM) mengincar 45 persen pasar sedan kecil dengan kapasitas mesin antara 1.800 sampai 2.000 cc dan menjadi pemimpin di segmen tersebut.
"Dengan All New Corolla Altis, kami mengharapkan bisa kembali memimpin pasar 'small sedan' di Indonesia," kata GM Corporate Planning and Public Relation TAM Widyawati Soedigdo, di sela-sela uji kemudi, di Bandung, Sabtu.
Ia mengatakan tahun lalu rata-rata penjualan sedan kecil Toyota Corolla Altis hanya mencapai 150 unit/bulan.
Namun dengan tampilan baru baik eksterior maupun interior All New Corolla Altis, pihaknya menargetkan penjualan sedan dengan kapasitas mesin 1.800cc itu bisa meningkat hingga 200 unit/bulan.
"Tahun lalu pangsa pasar Toyota di segmen sedan kecil hanya di bawah 40 persen, tahun ini kami berharap bisa menembus 45 persen," ujar Widyawati.
Pihaknya menaruh harapan besar All New Corolla Altis yang telah disegarkan lewat penampilan luar yang lebih terkesan modern dan prestise mampu menarik minat pecinta sedan membeli mobil tersebut.
"Sebagian besar pembeli Corolla Altis memang pecinta sedan dan 'repeat customer' yang ingin mengganti Corolla lamanya dengan yang baru," kata Widyawati.
Oleh karena itu ia mengaku tidak khawatir, bersaing dengan kompetitor utama Corolla Altis yaitu Honda Civic, karena kedua model tersebut memiliki penggemar fanatik masing-masing.
Tahun 2012 Toyota Corolla Altis sempat memimpin pasar sedan kecil dengan penjualan sekitar 1.888 unit. Namun tahun 2013 penjualannya turun menjadi 1.300-an unit dengan penguasaan pasar sekitar 30 persen."Kami berharap tahun ini bisa memimpin pasar (sedan kecil) kembali," kata Widyawati.
Pasar sedan kecil di Indonesia setiap tahunya, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya sekitar 4.000-an unit per tahun, dengan pemain utama Honda Civic dan Toyota Corolla Altis, serta sejumlah pemain lainnya yang kecil penguasaan pasarnya seperti Ford Focus dan Mitsubishi Lancer.