REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di tahun 2013, Kia Picanto menjadi tulang punggung bagi penjualan PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Tapi tahun ini, menurut Direktur Marketing KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, KMI punya penyokong baru.
"Sekarang kita punya dua tulang punggung, Picanto dan Rio," katanya ditemui di Jakarta, Rabu (29/1).
Tahun lalu, lanjutnya, Picanto menyumbang 50 persen penjualan Kia dan Rio hanya 20 persen. Sedangkan di tahun 2014, KMI menargetkan Rio bisa menjadi pendamping Picanto dengan kontribusinya sebesar 35 persen. Dan Picanto turun menjadi 40 persen.
Di tahun 2013, KMI berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 12.121 unit. Dimana 52 persen diantaranya adalah model Picanto sebanyak 6.379 unit.
All New Rio sebanyak 3.326 unit, All New Sportage sebanyak 1.075 unit, All New Carens 266 unit, All New Optima 13 unit, Taxi 177 unit dan lainnya sebanyak 460 unit."Tahun 2014 KMI fokus pada penjualan mobil kompak," katanya.
Di tahun ini, KMI juga tak memasang target yang tinggi. KMI hanya mematok sebanyak 12.500 unit kendaraan. Ini lantaran kedatang musim pemilu yang berlansung April mendatang.
"Pemilu akan memberikan dampak perekonomian Indonesia yang akan mengganggu penjualan mobil pada semester pertama 2014. Penjualan mobil baru akan meningkat pada semester kedua," tambahnya