Selasa 11 Feb 2014 17:02 WIB

Sempat Diragukan, Agya Mulai Populer di Papua

Red: Yudha Manggala P Putra
Toyota Agya
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Toyota Agya

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Mobil murah dan ramah lingkungan Agya memang sempat diragukan kemampuannya oleh masyarakat Papua. Namun seiring waktu mobil kelas city car ini mulai populer di Bumi Cendrawasih. Hal ini diungkapkan Kepala Cabang Jayapura PT Hastjrat Abadi (dealer Toyota) Adwin Hongriswan, di Jayapura, Papua, Selasa (11/2).

"Waktu Agya masuk pertama kali (ke Papua) ada keraguan konsumen, karena kondisi alam di sini menanjak," kata dia.Namun, lanjut Adin, setelah terbukti hatchback kecil dengan mesin 1.000 cc itu mampu dipacu dalam kondisi jalan menanjak dan berliku di Papua, pesanan terus meningkat. "Sekarang mulai populer. Outstanding Agya bisa sampai empat bulan sekarang," katanya.

Saat ini penjualan Toyota Agya mencapai delapan unit/bulan dengan rentang harga antara Rp 120 juta sampai Rp 149 juta per unit. "Sebagian besar penjualan berasal dari Agya tipe TRD yang harganya di sini sekitar Rp 149 juta," kata Adwin.

Harga Toyota Agya di Papua tersebut lebih mahal dibandingkan Jakarta, yang harganya mulai dari Rp 99,9 juta hingga Rp 120,75 juta/unit ketika diluncurkan akhir tahun 2012.